Sumber Bahasa Indonesia

Posted: Oktober 14, 2010 in Lesson
Tag:,

Sumber Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu, yang sejak dahulu sudah dipakai sebagai bahasa perantara (lingua franca), bukan saja di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Bahasa Melayu dalam bentuk bahasa Melayu Kuno sudah dipakai sebagai alat komunikasi zaman Sriwijaya. Di Jawa Tengah dan Bogor terdapat prasasti-prasasti yang tertulis dalam bahasa Melayu Kuno.  Kedua prasasti itu memperkuat pula dugaan bahwa bahasa Melayu Kuno pada waktu itu bukan saja dipakai di Pulau Sumatera, melainkan juga di pakai di Pulau Jawa.

Berdasarkan petunjuk-petunjuk lainnya, dapatlah kita kemukakan bahwa pada zaman Sriwijaya bahasa Melayu mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

  1. Sebagai bahasa kebudayaan
  2. Sebagai bahasa perhubungan antar suku
  3. Sebagai bahasa perdagangan
  4. Sebagai bahasa resmi kerajaan

Peresmian Nama Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia dengan perlahan-lahan, tetapi pasti, berkembang dan tumbuh terus. Perkembangannya itu menjadi pesat sehingga bahasa ini telah menjelma menjadi bahasa modern, yang kaya akan kosakata dan mantap dalam struktur.

Pada tanggal 28 oktober 1928, para pemuda mengikrarkan Sumpah Pemuda,  sehingga resmilah bahasa Melayu yang sudah dipakai sejak pertengahan Abad VII itu menjadi bahasa Indonesia.

Mengapa Bahasa Melayu Diangkat Menjadi Bahasa Indonesia

Ada 4 faktor yang menjadi penyebab bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Bahasa Melayu sudah merupakan lingua franca di Indonesia
  2. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari
  3. Suku Jawa, suku Sunda dan suku-suku yang lain dengan sukarela menerima bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional
  4. Bahasa Melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas

source : aan choto

Tinggalkan komentar